HomeTutur Untuk MamaIni Rahasia Jadi Mamah Muda yang Tahan Sakit, Langsing dan Tetap Cantik

Ini Rahasia Jadi Mamah Muda yang Tahan Sakit, Langsing dan Tetap Cantik

Tutur Untuk Mama

Bener apa bener nih kalo yang namanya ibu itu ga boleh sakit? Yang setuju cukup telan ludah sendiri ya. Kenyataan emang pekerjaan seorang ibu itu luar biasa banyak. Dari bangun pagi (pagi apa tengah malem nih?) sampe tidur lagi kalau dibikin to do list waktunya bakalan habis buat nulis to do list doang.

Makanya sejak jadi emak dua anak, nganggur tuh schedule book yang biasa saya beli. Kalo diisi pun paling bukunya yang bosen, agendanya itu ituu aja. Akhirnya nyerah, nulis jadwal atau agenda-agenda penting cukup di hape atau kalender.

Apapun profesi yang dipilih seorang mama, entah dia mau jadi fulltime mom, working mom, atau memilih berjuang dirumah sambil bekerja, pasti punya tantangan masing-masing. Apapun pilihannya, tetap saja ia harus berpikir pekerjaan dapur, sumur, dan kasur (apaan nih kasur kena ompol dibawa-bawa).

Iya dong, dia musti mikir gimana mbobokin anak, sambil menanak nasi, sambil muter cucian, sambil mbalesin chat order, alamak.. yang dikepala banyak amat.

Kadang supermom kudu memangkas jatah tidurnya cuma biar cucian kering bisa tertata rapi masuk almari. Boro-boro disetrika, mending minta tolong laundry sebelah aja. Kerjaan baru setengah jalan, si bayi ngerengek minta nenen. Ini aja standar kerapian kamar udah diturunin ya.. dari 10 turun drastis jadi 5. Paling rapi kalau tahu mama mertua mau dateng liat cucunya. Ini kalau bener-bener ga ada yang ngebantu sih.

Berbahagialah yang punya asisten, atau ibu dan kerabat yang ringan tangan membantu kerempongan itu.

Makanya jadi mama muda itu cara alami untuk diet.

Saya punya guru tahsin (semoga pahala selalu mengalir untuk beliau), dahulu mengalami overweight.  Itu sebelum beliau menikah. 2 tahun kami tidak bertemu. Lalu tiba-tiba disebuah expo ada mbak-mbak yang menyapa saya. Mendekati saya dan menjabat tangan saya seakan sangat akrab.

Saya senyum-senyum aja biar ga ketahuan lupa, ini siapa.. eh si mbak udah bilang duluan, “Pasti lupa ya sama saya?? Gapapa, banyak koq yang pangling sama saya..”

Beliau cerita kalau sejak punya anak, tubuhnya jadi singset. Maklum kerjaan sehari-hari berdagang sambil ngikutin anaknya kesana-kemari, aktif sekali. Jadi, kalau mau diet gampang tuh ya, silahkan aja jadi ibu-ibu…

Selain singset (kalau ga mau dibilang kurus),  menjadi wajar si mama demen kena penyakit semacam migren atau fertigo.

Si anak dikasih suplemen macem-macem, mulai dari zat besi, kalsium, vitamin, pokoknya lengkap. Giliran buat diri sendiri, lupa deh.

Beberapa waktu lalu saya sempat mengalaminya. Kepala rasanya beraat sekali. Tapi tetep aja kudu ngurusin anak-anak. Tadinya ngeyel, ogah ke dokter. Akhirnya nyerah, daripada kerjaan makin numpuk DAN anak-anak terlantar harus dipelihara oleh negara.

Mbak dokter ngasih saran kalau mama muda punya banyak aktivitas, musti konsumsi suplemen biar tubuhnya tetep fit. Apa aja tuh?

Madu

Madu adalah cairan ajaib yang punya banyak khasiat disetiap tetesnya. Ia bisa menambah kekebalan tubuh,menambah stamina, bahkan bisa bikin muka jadi kinclong. Maka tak heran bertebaran produk madu bersaing di pasaran.

Uji lab sebuah produk madu menginformasikan bahwa madu mengandung fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa, dan air. Madu bisa dikonsumsi langsung, atau dilarutkan ke dalam air putih. 

Pakai air dengan suhu normal, bukan air dingin atau air panas agar kandungan madu tidak rusak. Akan lebih baik jika kita pilih madu yang sanadnya jelas. Misal beli langsung dari peternakan lebah madu. Atau tahu dari mana madu itu berasal.  Atau minimal, konsumsi madu yang menginformasikan kandungan madu dan menyertakan ijin BPOM agar terhindar dari madu palsu.

Kita bisa lakukan tes praktis membedakan madu asli dengan madu palsu yang bertebaran di internet.

Buah-buahan

Seperti yang kita tahu, buah punya banyak zat yang dibutuhkan tubuh. Vitamin, mineral, dan kandungan lain yang kaya manfaat. Buah segar dikonsumsi langsung atau diolah sebagai jus, salad, atau campuran makanan.

Ada sebagian mama yang mungkin enggan atau ga doyan makan buah. Nah mulai dari sini lah mama muda perlu belajar suka makan buah. Kalaupun tidak demi diri sendiri, niatin aja buat si buah hati. Memberi contoh adalah cara paling ampuh untuk mengajarkan anak kita suka buah kan ma..

Di rumah kami setiap hari selasa, kamis, dan jumat ada anak-anak yatim dan dhuafa berkumpul. Mereka dibina dan dilatih kemampuan matematikannya oleh sebuah lembaga sosial mitra kami. Sebulan sekali ada program pembagian buah.

Buah yang diberi tidak boleh dibawa pulang. Buah itu untuk anak-anak sanggar, bukan untuk orang dirumah. Ternyata ada beberapa anak yang benar-benar tidak mau makan buah. Tidak suka, katanya. Buah yang paling sering yang dibagi adalah jeruk. Jeruk punya kandungan asam citrus yang bisa meningkatkan sinyal dalam otak agar belajar makin mudah. Nah bisa jadi dengan tahu pentingnya kandungan setiap buah, kita bisa mengubah ketidaksukaan kita.

Sama halnya dengan saya yang males banget kalo disuruh minum susu. Saya memaksa diri untuk suka buah dari keluarga kaktus. Iya, buah naga. Konon katanya buah ini adalah buah yang paling banyak mengandung kalsium.

Saya belajar makan buah ini disaat memulai masa MPASI anak saya yang pertama. Sejauh yang saya tahu dengan konsumsi buah berkalsium tinggi, pertumbuhan gigi anak akan lebih baik. Dan ternyata gigi geraham si bayi sudah muncul 2 biji diusia 1 tahun. Hampir lengkap. Dengan begitu, pundak si mama lebih siap menanggung beban dan gendongan, sedang si anak menikmati banyak khasiat dari buah-buahan itu.

VIitamin J2 alias Jalan-Jalan)

Mbak dokter yang nanganin saya agaknya tahu bener kalau saya lagi banyak begadang. Last advice dari beliau,

“Ibunya sesekali diajakin jalan, Pak..”

“Jalan jalan koq dok, cuma ya buat kulakan..” Ahaha, si bapak rupanya tidak terima.

“Ibu-ibu itu kalau sakit, gampang kok pak nyembuhinnya.. tinggal diumbar di mall gitu, cuman liat barang-barang bagus, gausah beli aja udah seneng..” kali ini di iya in aja deh, wkwk

Pada akhirnya agenda jalan-jalan dan liburan itu jadi sesuatu yang perlu kita upayakan. Selain jasmaninya di ajakin jalan, rohaninya juga musti disiram.

Kalaupun agenda jalan-jalan sekedar jadi impian, ya sudah mari ciptakan kebahagiaan kecil dirumah. Misal nonton film bareng suami, masak bareng.. kalaupun itu sulit, mungkin standar kebahagiaan kita yang diturunkan.

Setelah jadi seorang ibu, yang namanya romantis mungkin bukan berasal dari rangkaian bunga dan kado istimewa dari belahan jiwa. Sekadar dibikinkan air madu disaat hectic mengurus keperluan rumahtangga adalah romantis! Atau diiriskan mangga dan disuapi oleh suami sambil makein popok si bayi adalah romatis!

Iya, sesederhana itu. Kalau disyukuri, akan berbunga di hati.

Seorang ibu yang sehat, jasmani dan rohaninya, akan selalu tampak cantik. Apalagi bila dia berbahagia dengan rumah tangganya, karena hal itu akan terpancar dari wajahnya. Bercahaya dan tetap mempesona.

Jadi, pengen tampil tetap langsing, tahan sakit dan cantik? Lakukan hal-hal di atas dengan teratur ya. Trust Me! Its’s work!

Punya resep lain, Mah?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *