Ibu, Lakukan Hal Ini Saat Anak Bangun Tidur

Ibu, Lakukan Hal Ini Saat Anak Bangun Tidur

Halo, Bunda.. ^_^ Gimana nih kabarnya…? Semoga sehat selalu yaa..

Saat anak bangun tidur, apa sih yang biasanya Bunda lakukan? Apakah tiap kali anak bangun tidur anak malah menangis? Atau langsung lari-lari buat main? Hehehe…

Apakah Bunda langsung menyuruh anak untuk mandi? Atau malah meminta anak untuk membangunkan ayahnya…? Hehehe..

Bunda kalau anak bangun tidur yang dicari pertama kali biasanya ibunya. Apakah Bunda bisa merasakan hal itu?

Nah, Bunda.. sebenarnya seorang anak sepanjang hari bisa rewel mungkin karena kondisi emosinya yang kurang mood saay ia hendak tidur di malam hari dan bangun tidur di pagi hari.

Kebayang kan, kita aja yang udah tua kalau tidur gak nyenyak, bangun dengan kaget, lalu tiba-tiba sepanjang hari pengen ngamuk mulu… ^_^ Hayoo.. ngaku lho.. Hihihi…

Lalu bagaimana membangun mood positif pada anak sejak ia bangun tidur..? Kebetulan ini saya mau berbagi tips soal itu, semoga bermanfaat buat bunda yaaa..

Pertama, mengucapkan salam. Ucapkan salam saat anak hendak tidur dan bangun tidurnya. Lakukan sambil tersenyum manis. Bukan dengan wajah cemberut lho… hehehehe.. “Selamat pagi, Nak..” atau kalau yang muslim bisa juga “Asslamu’alaikum, putri kecil..”

Kedua, gunakan panggilan khusus. Memanggil anak dengan panggilan khusus baik lho ternyata. Kita aja yang sudah tua seneng kok bila dipanggil dengan panggilan khusus. Misalnya saja dipanggil “sayang” atau “cinta” sama suami.. Hehehe.. Lakukan hal ini juga pada anak.

Ketiga, memeluk. Berikan pelukan saat anak baru bangun tidur dan saat ia hendak tidur lagi. Peluklah anak selama mungkin karena saat berpelukan, Bunda mentransfer emosi positif kepada anak sehingga anak akan merasa aman. Begitu pula saat dia aktif sepanjang hari, jangan segan untuk memberikannya pelukan sebanyak mungkin.

Keempat, mencium anak. Nah, selain memeluk jangan lupa sambil mencium anak yaa Bunda. Ciuman di kening dan pipi saat anak hendak tidur di malam hari dan juga saat pagi hari. Ciuman adalah wujud cinta kasih ibu kepada anaknya. Di dalam sebuah ciuman yang tulus, terselip doa dan harapan yang ibu ucapkan dalam hati.

Kelima, berdoa. Jangan lupa dengan doa ya Bunda.. Kita ini adalah orang yang punya kepercayaan dan agama. Ada Tuhan yang menentukan takdir dan hidup seseorang. Termasuk takdir anak-anak kita. Maka jangan lupa ajarkan anak untuk berdoa pada anak begitu ia bangun tidur. Berdoa akan menumbuhkan rasa syukur dalam diri anak, dan dalam diri kita juga.

Oh, iya Bunda juga sebelum si kecil tidur, pastikan ia tidak dalam kondisi perut kosong. Alias anak tidur tidak dalam kondisi lapar. Karena lapar bisa mengganggu nyenyaknya tidur anak. Lalu saat anak bangun tidur, juga jangan lupa untuk memberikan sarapan bergizi bekal anak mengarungi hari dengan penuh keceriaan.

Bila bunda ingin tahu bagaimana cara membuat anak agar lahap makan, bisa baca aja di link ini yaa Bunda.. Agar Anak Lahap Makan

Itulah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan saat anak bangun dari tidurnya. Yuk, kita coba yuk.. dengan hal itu maka ikatan antara orang tua dan anak bisa makin kuat..

Happy parenting yaa… ^_^

Comments

Redaksi Tutur Mama

Persmebahan dari redaksi untuk para orang tua dimana saja. Dan kapan saja.
Close Menu