Ngambek adalah Hak Setiap Istri yang Dikecewakan Suaminya, Makanya Jangan Bikin Istri Ngambek ya..

0
293
mama ngambek

[Tutur Mama] Di pos ronda, dua orang laki-laki sedang saling bercerita mengenai istri mereka. Muka pria pertama tampak kusut, menunggu solusi dari pria kedua. Namun solusi itu tak kunjung muncul. Pria kedua juga sama-sama bingung. Mereka tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

Sebut saja mereka Adi dan Haris. Dua pria yang sudah menikah meski belum terlalu lama. Adi satu tahun sementara Haris dua tahun. Di mata Adi, Haris adalah senior yang tahu lebih banyak mengenai persoalan rumah tangga, termasuk perkara istri ngambek.

Adi sedang kebingungan sebab sudah dua hari belakangan istrinya ngambek tanpa sebab. Di rumah Adi diabaikan tiap kali mau mengajak ngobrol. Adi kikuk dibuatnya dan tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi.

Ia sudah mencoba mendekati istrinya untuk bertanya ada apa, tapi tiap kali berusaha, si istri malah makin menjauh dari Adi.

Dua hari tanpa perhatian istri sudah cukup membuat Adi bingung dan gelisah setengah mati. Baginya ini masalah serius yang tak pernah dihadapi belakangan ini. Haris hanya bisa menduga-duga, berempati, sesekali tersenyum kecil. Ia cuma bisa menduga kesalahan apa yang sudah diperbuat Adi.

Mungkin Adi sudah lama tak mengajaknya jalan-jalan atau belanja baju baru, pikir Haris. Adi mengiyakan, tapi istrinya ini tidak akan semarah itu hanya karena tidak jalan-jalan atau shopping.

Di pos ronda malam itu, kedua pria kebingungan memecahkan masalah ngambek yang dirasakan Adi. Mereka tidak mengerti apa penyebab istri Adi ngambek, kenapa istri suka sekali ngambek dan membuat suami bingung dan bagaimana cara menyelesaikan ngambek tanpa sebab ini.

Paginya saat Adi pulang usai ronda, ia mendapati istri masih saja ngambek. Diam dan seakan berusaha menjauh dari suaminya. Ia mencoba mengingat-ingat lagi ada apa dua hari yang lalu. Namun rasa kantuk menyerang Adi dan membuatnya tertidur, lelah usai ronda semalaman.

**

Kebingungan seperti ini kerap dirasakan suami seperti Adi. Para suami merasa kalau aksi ngambek yang dilakukan istri adalah drama yang tidak perlu. Seharusnya istri hidup seperti biasa saja agar rumah tangga tentram.

Begitulah jalan pikiran para suami.

Sebaliknya, istri merasa ngambek adalah salah satu cara protes paling efktif agar suami berubah. Suami ini, kadang jadi makhluk bandel yang enggak mempan dibilangin. Udah berulang kali dinasehati agar enggak begadang, mengurangi rokok, dan enggak keluyuran malam, masih aja diteruskan.

Padahal mereka tahu, kebiasaan itu sangat buruk dan dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Coba saja suami begdang tiap malem,pasti bangunnya kesiangan. Sudah dibilangin buat mengurangi begadang, eh, masih diterusin aja. Emang bandel.  

Istri hanya ingin suaminya jadi lebih baik setelah hidup bersamanya. Suami tidak tahu, betapa sering ibu-ibu saling membandingkan suami masing-masing. “Eh, suamiku udah enggak ngerokok lho,” “Kemaren suamiku beliin sepatu baru buat aku,” atau “Besok suami aku mau ajak jalan-jalan ke Bali.”

Bagi suami, hal itu tidak penting. Tapi dalam pergaulan istri, suami yang baik dan hebatadalah suatu kebanggaan. Istri hanya tidak ingin menyesal menikah bersamanya. Jangan sampai ada penyesalan karena membandingkan suami sendiri dengan suami orang lain. Bahaya sekali.

Sebab itulah, istri sering sekali mengontrol suami agar mengubah kebiasaan buruknya.

Nah, kalau susah berubah, baru deh pakai senjata ngambek yag menakutkan suami. Kadang isti mendadak ngambek karena suami salah ngomong. Pasti sering. Di mata suami, perkataan itu tidak salah. Sebaliknya, perkataan suami di mata istri sangat menyakitkan.

Bagaimanapun kita tahu, istri adalah perempuan yang hatinya lembut. Ia tidak suka diberi perkataan yang kasar dan seenaknya. Suami hebat pasti mengerti hal ini sehingga menjaga perkataan di depan istrinya.

Suami yang berkata lembut berarti mengerti betul hati dan perasaan istri. Ia hanya berusaha membuat istrinya bahagia, tidak membuatnya ngambek dan marah.

**

Berbeda dengan Adi, dia bukan suami yang pengertian dan hangat. Adi berkata seenaknya dan bertingkah semaunya. Kebiasaan ini yang membuat istrinya, Hana, ngambek dua hari. Namun sayang, Adi tidak menyadari kesalahan yang ia perbuat.

Bahkan setelah curhat ke Haris yang juga sama-sama tidak mengerti penyebab Hana ngambek. Beberapa suami memang bukan pria yang peka dengan perasaan wanita.

Suami yang tidak peka memang hanya bisa diberi pelajaran dengan cara ngambek. Itu sudah cukup membuat suami bingung dan merasa bersalah lalu mencari kesalahan sendiri. Ngambek adalah hak setiap istri.

Teruskan, teruskan.

Bagi suami, jagalah istri agar tidak marah. Perasaanlembut hanya bisa dijaga dengan sikap dan perkataan manis. Kalaupun istri sudah ngambek, carilah penyebab dan kesalahan diri sendiri. Barangkali hal itu sangat penting buat istri.

Ingat, masalah hubungan pasangan adalah istri menganggap sesuatu penting sementara suami menganggapnya tidak penting. Jika hal ini terjadi di rumah Anda, itu tanda gawat. Paling tidak suami musti mengerti apa yang dianggap istri penting, seperti make up atau arisan. Di mata suami itu sepele, tapi di mata istri, itu penting sekali.

Hargailah apa yang istri anggap penting.

Selanjutnya, buatlah istri senang dengan menjadi rajin atau ceria. Saat istri marah, jadilah pria rajin yang membersihkan seluruh rumah dan melakukan tugas ruah sendirian, dijamin hati istri luluh melihat suami yang super rajin.

Kedua, jadiah suami yang ceria. Kalau istri marah, jangan dilawan dengan marah. Api itu dipadamin dengan air, bukan api. Maka datangilah istri dan ubah suasana dengan cerita-cerita lucu dan menyenangkan yang membuat istri tersenyum dan tertawa.

Jangan kayak Adi yang kebingungan melihat istrinya ngambek. Cari tahu kesalahan dan cara membuat istri bersinar kembali

Istri ngambek adalah bagian pasti dari setiap pernikahan.  

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here